PERAN ARTIS INDONESIA DI HOLLYWOOD DAN PERKEMBANGAN CULTURE DIPLOMACY INDONESIA

Sederet artis papan atas indonesia Seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhian,Cecep Arif Rahman, Agnes Monica, dan Ario Bayu merupakan nama yang sering mewarnai layar kaca tv indonesia. Artis artis tersebut tak hanya sukses meraih karir di negara Indonesia melainkan juga di kancah internasional seperti di hollywood. Mereka merupakan warga negara asli Indonesia yang meraih berbagai macam prestasi yang membanggakan di dunia internasional selain itu, dengan prestasi yang mereka dapatkan, mereka juga membawa serta nama Bangsa Indonesia ikut dalam meraih kesuksesan tersebut.

Ketenaran mereka dalam kancah internasional seperti di Hollywood membawa dampak besar dalam perkembangan culture diplomacy Indonesia di mata dunia. Beberapa film yang merekrut artis artis dari Indonesia tak jarang dalam film tersebut ada sebuah scene dimana aktor atau aktris tersebut memperagakan kebudayaan khas dari Indonesia, atau mengambil latar belakang tempat di beberapa wilayah di indonesia

Dalam beberapa kasus seperti Iko uwais, Yayan Ruhian, Cecep Arif Rahman ,dan Joe Taslim dalam menjalankan aktingnya terkadang memunculkan beberapa jurus bela diri yang berasal dari Indonesia. dalam film The Raid , Mile 22, The Gate,John Wick 3,Star War: The Force Awakens, Fast And Fariuos, dan Star Trek Beyond, mereka beradu akting dengan artis Hollywood dengan memperagakan gerakan seni bela diri pencak silat dari Indonesia yang berasal dari jawa barat serta beberapa ilmu bela diri lainnya khas Indonesia. Beberapa penonton yang mengaku telah menonoton tersebut merasa bahwa gerakan bela diri yang diperagakan oleh aktor aktor dari Indonesia merupakan gerakan yang unik dan khas serta tak ditemukan di negara lain, akibatnya banyak para penonton yang ingin datang secara khusus ke Indonesia untuk mengetahui serta belajar ilmu bela diri khususnya pencak silat.

Agnes Monica dalam beberapa penampilannya dalam bernyanyi di negara Paman Sam atau Amerika juga terkadang menggunakan busana kebaya dengan corak khas Indonesia meskipun telah dimodifikasi menjadi terlihat lebih modern dan terbuka. Dalam video clip yang berjudul “long as I get paid” agnes monica menggunakan kebaya karya perancang busana ternama Indonesia Anne Avantie, video tersebut telah ditonton 25 juta kali oleh seluruh dunia di laman youtube sejak diunggah tahun 2018. Di beberapa konser Agnes Monica yang digelar di negara negara lain agnes kadang tampil dengan menggabungkan koreografi tari modern dan tradisional khas Indonesia.

Hal yang mereka implementasikan tersebut merupakan bagian dari culture diplomacy Indonesia dimana tak jarang dapat mempengaruhi masyarakat internasional akan keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh Indonesia serta menjadi pusat perhatian internasional. Membuat masyarakat internasional merasa lebih mengetahui tentang kebudayaan Indonesia yang direpresentasikan dalam penampilan meraka baik dalam bidang akting ataupun penampilan panggung.

Implementasi kebudayaan Indonesia yang mereka lakukan dalam penampilannya digolongkan sebagai culture diplomacy yang dilakukan oleh Indonesia secara soft power atau secara perlahan lahan dan tersebulung melaui perantara film dan penampilan di atas panggung. Hal tersebut sangat efektif karena biasanya mempengaruhi masyarakat melalui media visual dan audio visual merupakan cara yang menarik dan sangat mudah diingat bagi masyarakat. Tak jarang hal hal yang dilakukan melui media visual dan audio visual lantas menjadi trending dengan sangat cepat dalam waktu yang singkat ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dan akses internet yang sangat mudah, maka culture diplomacy melaui cara cara tersebut akan sangat mudah diimplementasikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*