Bidikan Inggris terhadap Pencarian Badan Baru dalam Pemenuhan Net-Zero Target Emission serta Sistem Energinya

Written by: Lenggo Geni Asheela (Staff of research FPCI Chapter UPNVJ)

A picture containing sky, outdoor, pylon, outdoor object

Description automatically generated

source: gettyimages

Office of Gas and Electricity Markets (OFGEM) merupakan badan regulator energi independen untuk Inggris Raya yang memiliki fungsi dalam perlindungan konsumen, di mana para konsumen akan mendapatkan manfaat dari lingkungan yang bersih dan lebih hijau. OFGEM memiliki tanggung jawab yaitu :

1) Bekerja sama dengan sektor pemerintah, industri, serta konsumen dalam mewujudkan ekonomi nol-bersih dengan biaya yang paling rendah bagi konsumen,

2) Penghapusan praktik buruk serta memastikan adanya perlakuan yang adil bagi semua konsumen terutama mereka yang rentan, dan

3) Menjamin persaingan serta inovasi dengan menghasilkan produk layanan baru bagi para konsumen.

Berbicara mengenai target nol-bersih, mungkin masih banyak sebagian dari kita yang belum memahami apa makna sebenarnya. Target nol-bersih merupakan suatu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Inggris Raya dalam pencapaian keseimbangan antara jumlah hasil emisi gas rumah kaca dengan zat dikeluarkan oleh atmosfer secara aktif, serta mengurangi dampak gas rumah kaca secara perlahan. Emisi gas rumah kaca yang dihasilkan Inggris berdasarkan Undang-Undang Perubahan Iklim 2008 yaitu : karbon dioksida, metana, dinitrogen oksida, hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, dan sulfur heksafluorida, di mana karbondioksida menjadi penyumbang terbesar yang dihasilkan dari bahan bakar fosil. Pembangkit listrik tenaga batu bara yang menjadi sumber utama dari gas rumah kaca menyumbang sekitar 19% dari total gas emisi yang dihasilkan Inggris pada tahun 2018. 

Chart, line chart

Description automatically generated

Kesadaran yang dimiliki Inggris dengan perubahan Iklim sejalan dengan komitmen Inggris pada Perjanjian Paris tahun 2016 dalam menjaga pemanasan global di bawah 2 derajat. Committee on Climate Change (CCC) yang merupakan sebuah badan non-departemen memberikan usulan kepada pemerintah terkait perubahan iklim dengan merekomendasikan Inggris menjadi negara dengan sektor target nol-bersih pada segala macam aspek gas rumah kaca tahun 2050. Inggris berharap menjadi negara penggerak pertama dalam menjalankan target net-zero dengan mengajak negara lain untuk berkomitmen dalam perubahan iklim.

Melihat keseriusan Inggris dalam memenuhi target nol-bersih, OFGEM sebagai regulator pasar energi Inggris memberi saran atas pembentukan sebuah badan Independen dalam membantu pemerintah mencapai target nol-zero emissions tahun 2021, serta menghapus tanggung jawab yang dipegang oleh National Grid (NG.L) saat ini. National Grid (NG.L) merupakan perusahaan energi yang menyediakan gas dan elektrik kepada konsumen, NG.L sendiri beroperasi pada tiga segmen yaitu transmisi elektrik Inggris, transmisi gas Inggris yang diregulasi oleh Amerika, serta transmisi Gas Inggris yang termasuk pada transmisi gas bertekanan tinggi di Inggris raya. Dengan ada banyaknya operator sistem gas dan listrik yang menjadi bagian dari sektor National Grid Plc akan menimbulkan banyaknya konflik.

Pemisahan badan independen yang diusulkan oleh OFGEM dihasilkan dari beberapa pertimbangan diantaranya agar Inggris lebih fokus terhadap pemenuhan net-zero target emission. Badan independen tersebut yang nanti akan menjalankan sepenuhnya fungsi sistem kelistrikan, pengisian jutaan daya kendaraan listrik serta kemungkinan dalam peningkatan besar energi terbarukan di samping mempertahankan pasokan energi yang aman bagi para konsumen. Masukan yang disampaikan oleh OFGEM disambut baik oleh pemerintah dan berencana akan mengadakan konsultasi demi meninjau lebih jauh terkait pengelolaan sistem serta pemisahan badan independen bagi Inggris. 

Kerjasama yang terjalin antara OFGEM dengan Pemerintah Inggris merupakan salah satu bentuk tanggung jawab OFGEM pada poin pertama yaitu bekerja sama dengan sektor pemerintah, industri serta konsumen dalam mewujudkan ekonomi nol-bersih dengan biaya yang paling rendah bagi konsumen. Dalam tinjauan kerja sama tersebut, diperkirakan nantinya badan independen yang akan menjalankan goals Inggris dalam pemenuhan net-zero target emissions mempunyai tanggung jawab baru dalam sistem kelistrikan serta membentuk konsumen dalam menghemat antara 0,4-4,8 miliar pound ($6,6 miliar) dari 2022 hingga 2050.

Badan independen tersebut dicanangkan dapat merancang infrastruktur jaringan baru demi memberikan saran pada pemerintah terhadap cara terbaik dalam mencapai target emisi nol bersih pada tahun 2050
Juru bicara National Grid pun menyambut baik terkait kolaborasi dengan pembukaan konsultasi dan akan bekerja sama dengan Kementrian Bisnis dan OFGEM terkait model kepemilikan yang paling tepat dalam pemenuhan net-zero target emission. Mereka mendukung penuh terhadap perubahan yang diajukan oleh OFGEM dalam mencapai net-zero target emission pada tahun 2050 yang juga menjadi prioritas jangka panjang National Grid. 

Reference:

https://www.reuters.com/business/finance/britain-eyes-new-body-run-its-energy-systems-meet-climate-targets-2021-07-19/

https://www.reuters.com/business/sustainable-business/ofgem-recommends-independent-body-steer-britain-net-zero-2021-01-25/?_sp=d27f6633-4c94-421d-8c97-7d53e681d56a.1627367648553

https://www.reuters.com/companies/NG.L?_sp=d27f6633-4c94-421d-8c97-7d53e681d56a.1627365440924

https://www.ofgem.gov.uk/about-us/our-role-and-responsibilities

https://www.instituteforgovernment.org.uk/explainers/net-zero-target

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*